Tuesday, July 13, 2010

PERMAINAN TRADISIONAL DI ALOHA LIBURAN







Permainan tradisional sudah semakin asing di dunia anak-anak jaman digital saat ini. Mereka lebih akrab dengan komputer dibandingkan dengan gobak sodor. Mereka lebih familiar dengan game-game digital dibandingkan dengan permainan yang memanfaatkan alam di sekitar rumahnya. Hal ini secara sadar maupun tidak akan mengubah karakter anak secara perlahan namun pasti. Sifat ego anak-anak jaman sekarang lebih tinggi dibandingkan sifat sosialnya. Karena mereka sangat akrab dengan permainan individual dibandingkan permainan tradisional yang lebih banyak menerapkan kegiatan berkelompok, bersosial dsb.

Untuk itulah di acara Aloha Liburan School ofLife Lebah Putih yang diselenggarakan dari tanggal 5-8 Juli 2010 kami mengajak anak-anak kembali ke dunia bermain yang alami memnfaatkan barang-barang yang ada di sekitar mereka dan mendaur ulang barang bekas menjadi sarana yang lebih bermanfaat.

Kegiatan Aloha Liburan School of Life Lebah Putih ini meliputi :

1. Pengenalan kostum tradisional Jawa
Disini para fasilitator menggunakan pakaian adat jawa berupa kain batik dan caping yang dimodifikasi menjadi aneka bentuk kostum sehingga membuat mereka tetap merasa nyaman menjadi fasilitator bermain bersama anak-anak. Kostum fasilitator yang berbeda ini sangat penting karena anak-anak serasa sudah masuk dalam aura tempat yang berbeda.

2. Pengenalan Permainan Tradisional
Di acara morning activity, anak-anak dibebaskan memilih permainan yang sudah tersedia antara lain engklek, lompat tali, dakon dan egrang batok kelapa. Mereka merasakan satu persatu permainan yang mulai asing dari kehidupan mereka sehari-hari.

3. Little Musician
Kehadiran grup musik Cycle menambah hidupnya suasana aloha liburan kali ini. Anak-anak dibuka wawasannya bahwa barang bekas bisa didaur ulang menjadi alat musik yang sangat indah dan unik. Mereka dibebaskan untuk memainkan alat musik yang tersedia lebih dulu, kemudian melihat grup Cycle bermain, dan akhirnya anak-anak memiliki gaya sendiri dalam memainkan alat musiknya.

4.Aha Aku Bisa!
Anak-anak diajak untuk membuat alat musik sendiri dari botol-botol yang diisi air sehingga menjadi tangga nada. Dengan sendok sebagai alat pukulnya mereka bisa menyanyikan satu buah lagu anak sederhana diiringi alat musik gitar oleh Elan dan botol berisi air.

5.Yook Buat Wayang
Di session terakhir anak-anak mendengarkan wayang dan membuat sendiri wayang dari kardus susu untuk dibawa pulang

Waaaah seru sekali acara liburan kali ini di School of Life Lebah Putih....ayo yang belum ikut tahun ini, jangan terlewat mendaftarkan diri di tahun depan ya, pasti lebuh seru....

No comments:

Post a Comment