Thursday, July 1, 2010

SCHOOL OF LIFE LEBAH PUTIH








....bila Anda termasuk orang tua yang tidak ingin anak anda hanya bisa menggambar dua gunung, matahari di tengahnya, kotak-kotak sawah dengan jalan yang tegak membelahnya.....

....bila Anda adalah orang tua yang suka melihat anak-anak anda aktif bergerak,berkegiatan dan belajar, bukan hanya duduk manis mendengarkan bu guru.....

.....bila Anda mencita-citakan anak yang tidak sekedar pandai melainkan juga kreatif dan berani.....

Kini saatnya anda dan buah hati bergabung dengan komunitas School of Life Lebah Putih. Di Lebah Putih anak-anak akan belajar dalam suasana gembira di sekolah dengan halaman luas, di tengah kebun yang tenang.

Anak-anak akan leluasa aktif bergerak, bermain dan bersosialisasi dalam nuansa alami, belajar tanpa terasa dan tanpa perasaan terpaksa.


RAGAM KEGIATAN

1. INTELLECTUAL CURIOSITY
Mengasah rasa ingin tahu anak dengan melatih mereka agar terampil bertanya dan melihat tantangan.
Di kelas ini anak diajak untuk melihat dunia dengan berbagai media sesuai dengan tema yang ditetapkan saat itu.

2. CREATIVE IMAGINATION
Mendorong anak untuk berani mengungkapkan gagasan dan mengekspresikan diri.
Di Kelas ini anak-anak dilatih art, music dan life skill yang mendorong mereka berpikir kreatif, berimajinasi dan menghasilkan karya nyata. Anak-anak dibebaskan untuk mengekspresikan diri dalam bentuk coretan dan warna sehingga tidak akan pernah ada maestro yang mati saat mereka memasuki usia sekolah.

3.ART OF DISCOVERY
Melatih anak merumuskan gagasan dan memecahkan persoalan. Mengasah kepekaan dengan merekontruksi jejak para peneliti dan penemu
di kelas ini anak-anak diajak untuk bermain science dan math dengan menyenangkan. Melakukan beberapa penelitian sains sederhana dan menemukan pola-pola menarik dalam belajar matematika.

4. NOBLE ATTITUDE
Menumbuhkan karakter yang kokoh pada diri anak dan mengasah aspek spiritualnya.
Di kelas ini anak-anak mengkaji dan mempelajari social studies dengan cara yang menarik, mengupas kembali fungsi pembelajaran bahasa (language) agar lebih mengarah pada pe,bentukan budaya dan karakter anak.

5.MORNING ACTIVITIES
Sebuah kegiatan spesial, dilakukan setiap pagi hari, ditujukan untuk membangun suasana gembiradan rasa suka anak untuk belajar.

Metode yang digunakan di School of Life Lebah Putih adalah menerapkan "Inquiry Based Learning"

Sekilas tentang "Inquiry Based Learning"
Seorang anak pada dasarnya adalah seorang "inquirer" seseorang yang dipenuhi rasa ingin tahu, bertanya dan mengumpulkan informasi.
Fitrah anak ini sering sekali hilang seiring berjalannya waktu.
Pertanyaannya: Kemana sang fitrah ini pergi?
Rupanya kemampuan alamiah anak untuk memahami dunia dan kehidupan ini "banyak dimatikan" oleh orang dewasa di sekitarnya; bisa jadi dia adalah orang tua atau guru.

Proses ini tidak selalu didasarkan pada rasa tidak suka atau jengkel, seperti tidak tahan terus menerus ditanya, capek melihat anak yang super aktif dll, tetapi bisa juga karena didasarkan rasa kasih sayang, misal ingin cepat-cepat memberi jawaban,segera ,menyelesaikan kesulitan yang dihadapi anak, menuruti setiap kemauan anak tanpa seleksi dll.

Inquiry Based Learning ingin mengembalikandan mengembangkan fitrah dasar anak sebagai "The Inquirer"ini melalui proses :
1. Aktif bertanya
2. Aktif memecahkan masalah
3.Berpikir kritis dan kreatif

Lokasi :
Jalan Sidomulyo RT 6 Rw 11, Ngawen, Mangunsari Salatiga telp 0298-9105902
Email :lebahputih@ymail.com
Blog ; http//padepokanlebahputih.blogspot.com

Pendaftaran
Jalan margosari PR 4 Salatiga, telp:0298-326217

2 comments:

  1. Bagaimana caranya untuk observasi ke padepokan, bolehkah menimba ilmu untuk rujukan pengembangan paud kami ?

    ReplyDelete
  2. Apkh untuk anak-anak yg beragama islam diajari membaca al qur'an juga?

    ReplyDelete